TERBARU

Wisata Sejarah di Museum Linggam Cahaya

GOTVNEWS, Daik – Museum Linggam Cahaya merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang patut dikunjungi ketika sedang berkunjung ke Daik Lingga. Di tempat ini banyak menyimpan ribuan peninggalan sejarah pada masa Kerajaan Riau-Lingga. Penasaran apa saja koleksinya? Berikut liputannya.

Museum Linggam Cahaya merupakan salah satu museum yang berada di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau yang didirikan pada tahun 2002.

Museum sejarah ini terletak di Jalan Raja Muhammad Yusuf, Daik Lingga.

Latar belakang berdirinya museum ini didasari oleh keinginan pemerintah daerah Kabupaten Lingga untuk berupaya mengamankan dan melestarikan benda-benda bersejarah yang ada di Kabupaten Lingga.

Tidak tanggung-tanggung, setidaknya di dalam museum ini menyimpan ratusan benda cagar budaya peninggalan sejarah kejayaan Kerajaan Riau Lingga di masa lalu lebih kurang sebanyak 5.569 koleksi.

Sebagian besar koleksi yang ada di museum ini merupakan barang-barang pemberian atau hibah dari masyarakat Lingga.

Ada berbagai macam benda-benda yang tersimpan di museum ini. Mulai dari artefak, keramik, mata uang lama, senjata, naskah kuno, alat musik, pakaian adat, alat pengolahan sagu, peninggalan sejarah kerajaan berbahan kuningan, dan masih banyak lagi

Selain itu, hal yang paling menarik dari Museum Linggam Cahaya ini adalah tulang Gajah Mina yang berukuran sepanjang 12,40 meter. Benda tersebut ditemukan hanyut di salah satu pantai di Pulau Daik pada tahun 2005 silam.

Gajah Mina ini masih termasuk dalam keluarga dugong yang mempunyai gading panjang dan belalai diwajah, serta bertelinga lebar dan memiliki ekor seperti paus.

Hingga kini, kekayaan sejarah kerajaan melayu Lingga tersebut masih tersimpan rapi di Museum Linggam Cahaya.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, museum ini mulai dibuka setiap hari Senin – Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB, kecuali dihari Jumat dibuka pukul 08.00 – 11.30 WIB dan Pukul 13.00 – 15.00 WIB. (Frh)

Berita Terkait