TERBARU

Tari Tupeng Natuna, Ritual Pengobatan yang Hampir Punah

GOTVNEWS, Natuna – Natuna tak hanya terkenal dengan pemandangan lautnya yang indah sebagai destinasi wisata bahari. Namun, di pulau ini juga terdapat beberapa jenis kesenian tradisional yang masih dilestarikan oleh masyarakat setempat, salah satunya adalah Tari Tupeng yang berasal dari Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna.

Natuna merupakan salah satu wilayah Kabupaten yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya berada di ibu kota Ranai.

Pulau Natuna sendiri merupakan kepulauan terluar di bagian utara Indonesia yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan, serta tergabung dalam gugusan Pulau Tujuh yang berada di lintasan jalur pelayaran internasional.

Selain terkenal akan keindahan wisata baharinya yang mempesona. Ternyata, di pulau ini juga terdapat beberapa jenis kesenian tradisional yang masih dilestarikan oleh masyarakat setempat, salah satunya adalah Tari Tupeng.

Berbeda dengan kesenian Mendu dan Langlang Buana yang sudah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia, Tari Tupeng sendiri masih terasa asing bagi sebagian masyarakat Provinsi Kepri.

Pasalnya, kesenian tersebut hanya terdapat di Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna. Namun sayangnya, kesenian tersebut saat ini sudah jarang dimainkan kecuali pada perayaan tertentu.

Berbeda dengan kesenian tari topeng di daerah lain, tari tupeng Natuna ini ternyata berfungsi sebagai pengobatan untuk orang sakit.

Dalam penampilannya, ada tiga pola gerak yang terdapat didalam tari tupeng ini, yaitu tari tangan, tari kain dan tari piring.

Selain itu, jumlah penari dalam tarian ini terdiri dari lima hingga enam orang. Sedangkan untuk pemain musiknya terdiri lima orang, yakni satu orang memainkan alat musik limpung, dua orang memainkan gong dan dua orang lainnya memainkan gendang.

Menurut cerita, konon tarian ini dimainkan untuk mengobati anak gadis raja yang sedang sakit parah hingga sulit disembuhkan. Selain itu, versi lain juga menyebutkan bahwa Tari Tupeng ini dimainkan oleh orang bunian atau sebutan untuk makhluk halus yang tinggal di daerah tersebut.(Frh)

Berita Terkait