TERBARU

BMKG Prediksi Banjir Rob Terjadi Hingga Akhir Januari 2023 Mendatang

GOTVNEWS, Tanjungpinang – Saat ini wilayah pesisir di Kota Tanjungpinang tengah dilanda banjir rob, Rabu (25/1/2023). Fenomena ini membuat rumah yang ada di pesisir pantai atau laut terendam. BMKG memprediksi fenomena ini masih akan terjadi hingga akhir Januari 2023 mendatang. 

Wilayah yang terendam pasangnya air laut tersebut antara lain, daerah Lembah Purnama, Kelurahan Kampung Bugis, Kelurahan Tanjung Unggat, Akau Potong Lembu, Jalan Menur, Kampung Kolam hingga Pantai Impian

Prakirawan Cuaca BMKG Tanjungpinang, Hayu Nur Mahron mengatakan fenomena banjir rob ini telah diprediksi akan terjadi sejak 17 hingga 29 Januari 2023 mendatang.

Dia menerangkan, banjir rob saat ini bertepatan dengan adanya fenomena super new moon atau fase bulan baru yang bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bumi dan bulan) yang berpotensi meningkatkan pasang air laut maksimum.

“Berdasarkan data kami untuk wilayah Tanjung Uban mencapai 2.7 meter Dan wilayah Kijang Tanjungpinang mencapai 2.2 meter,” ujar Hayu saat dikonfirmasi.

Prakirawan cuaca BMKG ini juga mengimbau kepada masyarakat setempat, untuk selalu waspada. Mengingat, beberapa hari terakhir curah hujan tinggi dan bertepatan dengan pasang maksimum.

“Selain itu beberapa hari kedepannya potensi hujannya juga Masih tinggi, diprediksi hingga awal bulan Februari,” tukasnya.(Zpl)

Berita Terkait